Pengendalian Kualitas
Definisi Kualitas Istilah kualitas memiliki banyak sekali definisi. Berikut adalah kualitas menurut
beberapa ahli:
Kualitas secara tradisional (Montgomery, 1996) adalah berdasarkan
beberapa suatu pandanagan bahwa produk dan pelayanan harus sesuai
dengan ketentuan mereka yang menggunakannya.
Kualitas secara umum (Pond, 1994) adalah membuat produk atau jasa
yang tepat waktunya, pantas digunakan dalam lingkungan, memiliki zero
defect, dan memuaskan konsumen.
Kualitas (Gryna, 2001) adalah kepuasan dan kesetiaan konsumen terhadap
suatu produk.
Secara umum (Christian, 2004) dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan
sdengan satu atau lebih karakteristik yang diharapkan terdapat dalam suatu barang
atau jasa tertentu. Karakteristik kualitas dibagi menjadi 3 tipe (Christina, 2004),
yaitu Phisical (contoh panjang, berat), sensory (contoh rasa, warna), dan time
orientation (contoh durability yaitu seberapa lama produk dipakai). 8 dimensi dari
kualitas adalah performance, realibility, durability, serviceability, aesthetics,
features, perceived quality, dan comformance to standards.
Kualitas dapat digolongkan ke dalam dua kategori (Christina, 2004), yaitu kualitas
produk dan kualitas proses. Tingkat kualitas dari suatu desain poduk akan
berbeda-beda disesuaikan dengan segmen pasar yang ingin dicapai, tujuan adalah
untuk memfokuskan pada permintaan konsumen (customer requirements).
Sementara kualitas proses tujuannya adalah agar perusahaan dapat menghasilkan
produk/jasa yang sempurna eeror-free products) melalui penerapan total quality
management (TQM). 9
Definisi Pengendalin Kualitas
Pengendalain kualitas (Montgomery, 1996) adalah aktivitas keteknikan dan
manejemn utnuk mengukur cirri-ciri kualitas produksi dan membandingkan
dengan spefikasi yang ada, serta mengambil tindakan perbaikan yang sesuai
apabila ada perbedaan antara penampilan yang sebenarnya standar ayng ada.
Pengendalain kualitas membantu mengurangi penyimpangan-penyimpangan yang
muncul dan mengarahkan proses produksi pada tujuan yang ingin dicapai.
Pengendalain kualitas dan mengarahkan proses produksi pada tujaun yang ingin
dicapai. Pengendalain kualitas berhasil dapat menekan produk cacat seminimla
mungkin dari apa yang direncanakan.
Definisi dan Arti Pentingnya Kualitas
Dari segi linguistik kualitas berasal dari bahasa latin qualis yang berarti
‘sebagaimana kenyataannya’. Definisi kualitas secara internasional (BS EN ISO
9000:2000) adalah tingkat yang menunjukkan serangkaian karakteristik yang
melekat dan memenuhi ukuran tertentu (Dale, 2003:4). Sedangkan menurut
American Society for Quality Control kualitas adalah totalitas bentuk dan
karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk
memuaskan kebutuhan yang tampak jelas maupun tersembunyi (Render dan
Herizer, 1997:92).
Beberapa pakar kualitas mendefinisikan kualitas dengan beragam interpretasi.
Juran (1989:16-17), mendefinisikan kualitas secara sederhana sebagai ‘kesesuaian
untuk digunakan’. Definisi ini mencakup keistimewaan produk yang memenuhi
kebutuhan konsumen dan bebas dari defisiensi. Sedangkan Deming berpendapat
kualitas adalah ‘mempertemukan kebutuhan dan harapan konsumen secara
berkelanjutan atas harga yang telah mereka bayarkan’. Filosofi Deming
membangun kualitas sebagai suatu sistem dan (Bhat Cozzolino, 1993:106).
Pengertian kualitas lebih luas (Bina Produktivitas Tenaga Kerja, 1998:24-25)
adalah: 10
a. Derajat yang sempurna (degree of exelence): mengandung pengertian komperatif
terhadap tingkat produk (grade) tertentu.
b.Tingkat kualitas (quality level): mengandung pengertian kualitas untuk
mengevaluasi teknikal.
c. Kesesuaian untuk digunakan (fitness for purpose user satisfaction): kemampuan
produk atau jasa dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Sedangkan delapan dimensi kualitas menurut Philip Kotler (2000:329-333) adalah
sebagai berikut :
1. Kinerja (performance): karakteristik operasi suatu produk utama.
2. Ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (feature).
3. Kehandalan (reliability): probabilitas suatu produk tidak berfungsi atau
gagal.
4. Kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specifications).
5. Daya Tahan (durability).
6. Kemampuan melayani (serviceability).
7. Estetika (estethic): bagaimana suatu produk dipandang dirasakan dan
didengarka.
8. Ketepatan kualitas yang dipersepsikan (perceived quality).
Dalam kenyataannya kualitas adalah konsep yang cukup sulit untuk dipahami dan
disepakati. Dewasa ini kata kualitas mempunyai beragam interpretasi, tidak dapat
didefinisikan secara tunggal, dan sangat tergantung pada konteksnya. Beberapa
definisi kualitas berdasarkan konteksnya perlu dibedakan atas dasar: organisasi,
kejadian, produk, pelayanan, proses, orang, hasil, kegiatan, dan komunikasi (Dale,
2003:4).
Lebih lanjut pengertian kualitas mencakup: kualitas produk (product), kualitas
biaya (cost), kualitas penyajian (delivery), kualitas keselamatan (safety), dan
kualitas moral (morale) atau sering disingkat menjadi P-C-D-S-M (Bina
Produktivitas Tenaga Kerja, 1998).
11
Secara garis besar ada dua argumentasi yang efektif atas arti pentingnya kualitas
bagi perusahaan (Goodman et al, 2000:47):
First, quality and service improvements can be directly linked to enhanced revenue
within one’ s own company; and secondly, higher quality allows companies to
obtain higher margins
Dale (2003:12-20), menyimpulkan beberapa hasil survei yang terfokus pada
persepsi arti pentingnya kualitas produk dan jasa, diantaranya: persepsi publik atas
kualitas produk dan jasa yang semakin luas, meningkatnya pandangan dan peran
manajemen puncak, kualitas tidak dapat dinegosiasikan (quality is not negotiable),
kualitas meliputi semua hal (quality is all-pervasive), kualitas meningkatkan
produktivitas, kualitas mempengaruhi kinerja yang lebih baik pada pasar, kualitas
berarti meningkatkan kinerja bisnis, Biaya non kualitas yang tinggi, konsumen
adalah raja, kualitas adalah pandangan hidup (way of life).
Sedangkan Render dan Herizer (2004:93-96) berpendapat bahwa kualitas terutama
mempengaruhi perusahaan dalam empat hal, yaitu:
a. Biaya dan pangsa pasar: kualitas yang ditingkatkan dapat mengarah kepada
peningkatan pangsa pasar dan penghematan biaya, keduanya juga dapat
mempengaruhi profitabilitas.
Hasil yang diperoleh dari pasar
Perbaikan reputasi
Peningkatan volume
Peningkatan harga
Peningkatan Laba
Perbaikan kualitas
Biaya yang dapat ditekan
Peningkatan produktivitas
Penurunan biaya pengerjaan
ulang dan sisa material
Penurunan biaya garansi
Gambar 2.1. Kualitas Memperbaiki Kemampuan Meraih Laba
12
b. Reputasi perusahaan: reputasi perusahaan mengikuti reputasi kualitas
yangdihasilkan. Kualitas akan muncul bersamaan dengan persepsi
mengenai produk baru perusahaan, praktek-praktek penanganan pegawai,
dan hubungannya dengan pemasok.
c. Pertanggung jawaban produk: organisasi memiliki tanggung jawab yang
besaratas segala akibat pemakaian barang maupun jasa.
d. Implikasi internasional: dalam era teknologi, kualitas merupakan perhatian
operasional dan internasional. Agar perusahaan dan negara dapat bersaing
secara efektif dalam perekonomian global, produknya harus memenuhi
kualitas dan harga yang diinginkan.
Konsep kualitas telah didefinisikan para ahli dari berbagai sudut pandang masing-
masing. Namun demikian terdapat persamaan yang pada esensinya mengarah
pada upaya pemenuhan harapan konsumen. Harapan konsumen tidaklah konstan
dari waktu ke waktu, namun selalu berubah secara dinamis, sehingga apa yang
menjadi harapan konsumen pada saat sekarang ini mungkin tidak akan menjadi
pilihan untuk masa yang akan datang dan berarti pula bahwa produk dan jasa yang
berkualitas pada saat ini mungkin tidak berkualitas lagi di masa mendatang.
Tjiptono (2001) menjelaskan bahwa kualitas adalah kondisi dinamis yang
berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses yang memenuhi atau melebihi
harapan konsumen. Dari definisi ini jelas bahwa kualitas tidak semata-mata terkait
dengan produk akhir, namun demikian kualitas juga terkait dengan mutu proses,
terlebih lagi dalam industri jasa yang mengedepankan mutu interaksi antara
pengguna jasa dengan front line officer yang merupakan ujung tombak dalam
kualitas industri jasa. Dari definisi itu jelas pula bahwa pengguna jasalah yang
paling berhak menyatakan kualitas dengan membandingkan apa yang harapkan
dengan persepsi mereka setelah menerima jasa tersebut (perceived performance).
TQM adalah pendekatan manajemen pada suatu organisasi, berfokus pada kualitas
dan didasarkan atas partisipasi dari keseluruhan sumber daya manusia dan
ditujukan pada kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan dan 13
memberikan manfaat pada anggota organisasi (sumber daya manusianya) dan
masyarakat TQM juga diterjemahkan sebagai pendekatan berorientasi pelanggan
yang memperkenalkan perubahan manajemen yang sistematik dan perbaikan terus
menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan suatu organisasi. Proses TQM
memiliki input yang spesifik (keinginan, kebutuhan, dan harapan pelanggan),
mentransformasi (memproses) input dalam organisasi untuk memproduksi barang
atau jasa yang pada gilirannya memberikan kepuasan kepada pelanggan (output).
Tujuan utama Total Quality Management adalah perbaikan mutu pelayanan secara
terus-menerus. Dengan demikian, juga Quality Management sendiri yang harus
dilaksanakan secara terus-menerus. Sejak tahun 1950-an pola pikir mengenai
mutu terpadu atau TQM sudah muncul di daratan Amerika dan Jepang dan
akhirnya Koji Kobayashi, salah satu CEO of NEC, diklaim sebagai orang pertama
yang mempopulerkan TQM, yang dia lakukan pada saat memberikan pidato pada
pemberian penghargaan Deming prize di tahun 1974 (Deming prize, established in
December 1950 in honor of W. Edwards Deming, was originally designed to
reward Japanese companies for major advances in quality improvement. Over the
years it has grown, under the guidance of Japanese Union of Scientists and
Engineers (JUSE) to where it is now also available to non-Japanese companies,
albeit usually operating in Japan, and also to individuals recognised as having
made major contributions to the advancement of quality.)
Banyak perusahaan Jepang yang memperoleh sukses global karena memasarkan
produk yang sangat bermutu. Perusahaan/organisasi yang ingin mengikuti
perlombaan/ bersaing untuk meraih laba/manfaat tidak ada jalan lain kecuali harus
menerapkan Total Quality Management. Philip Kolter (1994) mengatakan
“Quality is our best assurance of customer allegiance, our strongest defence
against foreign competition and the only path to sustain growth and earnings”.
Di Jepang, TQM dirangkum menjadi empat langkah, yaitu sebagai berikut:
- Kaizen: difokuskan pada improvisasi proses berkelanjutan (continuous
Improvement) sehingga proses yang terjadi pada organisasi menjadi visible 14
(dapat dilihat), repeatable (dapat dilakukan secara berulang-ulang), dan
measurable (dapat diukur).
- Atarimae Hinshitsu: berfokus pada efek intangible pada proses dan
optimisasi dari efek tersebut.
- Kansei: meneliti cara penggunaan produk oleh konsumen untuk
peningkatan kualitasprodukitusendiri.
- Miryokuteki Hinshitsu: manajemen taktis yang digunakan dalam produk
yang siap untuk diperdagangkan. Penerapan Total Quality Management
dipermudah oleh beberapa piranti, yang sering disebut “alat TQM”.
Alat-alat ini membantu kita menganalisis dan mengerti masalah-masalah serta
membantu membuat perencanaan. Delapan alat TQM yang diuraikan adalah
sebagai berikut:
1. Curah pendapat (sumbang saran) - Brainstorming
Curah pendapat adalah alat perencanaan yang dapat digunakan untuk
mengembangkan kreativitas kelompok. Curah pendapat dipakai, antara
lain untuk menentukan sebab-sebab yang mungkin dari suatu masalah atau
merencanakan langkah-langkah suatu proyek.
2. Diagram alur (bagan arus proses)
Bagan arus proses adalah satu alat perencanaan dan analisis yang
digunakan, antara lain untuk menyusun gambar proses tahap demi tahap
untuk tujuan analisis, diskusi, atau komunikasi dan menemukan wilayah-
wilayahperbaikandalamproses.
3. Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah suatu alat analisis yang digunakan untuk
menganalisis masalah-masalah dengan kerangka Strengths (kekuatan),
Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats
(ancaman).
4. Ranking preferensi
Alat ini merupakan suatu alat interpretasi yang dapat digunakan untuk
memilih gagasan dan pemecahan masalah di antara beberapa alternatif.
15
5. Analisis tulang ikan
Analisis tulang ikan (juga dikenal sebagai diagram sebab-akibat)
merupakan alat analisis, antara lain untuk mengkategorikan berbagai sebab
potensial dari suatu masalah dan menganalisis apa yang sesungguhnya
terjadi dalam suatu proses.
6. Penilaian kritis
Penilaian kritis adalah alat Bantu analisis yang dapat digunakan untuk
memeriksa setiap proses manufaktur, perakitan, atau jasa. Alat ini
membantu kita untuk memikirkan apakah prosesitu memang dibutuhkan,
tepat, dan apakah ada alternatif yang lebih baik.
7. Benchmarking
Benchmarking adalah proses pengumpulan dan analisis data dari
organisasi kita dan dibandingkan dengan keadaan di dalam organisasi lain.
Hasil dari proses ini akan menjadi patokan untuk memperbaiki organisasi
kita secara terus menerus. Tujuan benchmarking adalah bagaimana
organisasi kita bisa dikembangkan sehingga menjadi yang terbaik.
8. Diagram analisa medan daya (bidang kekuatan)
Diagram medan daya merupakan suatu alat analisis yang dapat digunakan,
antara lain untuk mengidentifikasi berbagai kendala dalam mencapai suatu
sasaran dan mengidentifikasi berbagai.
Definisi Sistem Pengendalian Kualitas
Sistem pengendalain kualitas (Christina, 2004) diartikan sebagai kumpulan dari
teknik manjemen dan peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengatur,
mengawasi, dan mengendalikan semua langkah-langkah produksi dalam membuat
suatu produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Sistem kualitas dapat
dipelajari dengan Statistical Quality Control (SQC). SQC terbagi 2 yaitu
Statistical Process Control dan Eksperimen Desisgn (ED).
Secara tradisional, para pembuat produk (manufatrers) biasanya melakukan
inspeksi terhadap produk setalh produk itu selesai dibuat dengan jalan menyortir
produk yang baik dari yang jelek atau cacat, kemudian mengerjakan ulang bagian-16
bagian produk yang cacat itu. Dengan demikian pengertian tradisional tentang
konsep kualitas yang berfokus kepada aktivitas inspeksi untuk mngcegah
lolosnya produk-produk cacat ke tangan pelanggan. Kegiatan inspeksi ini
dipandang dari pespektif system kualitas produk modern adalah sia-sia, karena
memberikan kontribsi kepada peningkatan kualitas (quality improvement).
Pada masa sekarang, pengertian dari konsep kualitas adalah lebih luas dari pada
sekedar aktivitas inspeksi yang mengandalkan pada strategi pendekteksian
(strategy of detection). Pengertian modern dari konsep kualitas adalah
membangun sistem kualitas modern, yang salah satunya adalah beorientasi pada
strategi pencegahan. Salah satu ciri dari sistem kualitas modern adalah aktivitas
yang berorientasi kepada tindakan dan pencegahan kerusakan, dan bukan berfokus
pada uapay untuk mendeteksi kerusakan saja. Kualitas melalui inspeksi saja tidak
cukup dan hal itu terlalu mahal. Meskipun tetap menjadi persyaratan untuk
melakukan beberapa ispeksi singkat atau audit terhadap produk akhir, tetapi usaha
kualitas dri perusahaan seharusnya lebih fokus pada tindakan pencegahan sebelum
teradi kerusakan dengan jalan melaksanakan aktivitas secara baik dan benar pada
waktu pertama kali mulai melaksanakan sesuatu aktivitas. Dengan melaksanakan
prinsip ini, usaha peningkatan kualitas akan mampu mengurangi ongkos produksi.
Berkaitan dengan hal ini perlu dibangun suatu sistem pengendalian proses sebagai
implementasi dai strategi pencegahan dalam sistem kualitas moden itu. Model
sistem pengendalain kualitas proses dengan umpan-balik ditunjukan pada gambar
berikut: 17
Gambar 2.2. Model Sistem Pengendalian Proses
Statistical Process Control (SPC)
Pengertian penggunaan metode statistik adalah untuk memonitor dan mengontrol ketepatan ukuran konstruksi produk antara (interim products) pada setiap proses
pekerjaan guna memperkecil pekerjaan ulang dan waktu tunggu selama proses
produksi [Storch, 1995]. Sedangkan menurut Shainin, D dan Shainin, P, D [1995],
Statistical Process Control (SPC) didefinisikan sebagai pemakaian teknik-teknik
statistik.Tujuan dari teknik Statistical Process Control adalah untuk memberikan
sebuah petunjuk performa bagi manajer-manajer mengenai kemampuan
bermacam-macam proses yang ada, sehingga teknik penyelesaian masalah dapat
diadopsi untuk mengurangi variabilitas [Kattan, 1993].
Pengendalian proses statistikal adalah suatu terminologi yang mulai digunakan
sejak tahun 1970-an untuk menjabarkan penggunaan teknik-teknik statistikal
dalam memantau dan meningkatkan performansi proses menghasilkan produk
kualitas. Pada tahun 1950-an sampai 1960-an digunakan terminologi
pengendalian kualitas statistikal yang memiliki pengertian sama dengan
pengenddalian proses statistikal. Pengendalian kualitas merupakan aktivitas teknik
dan manajemen, melalui mana kita mengukur karakteristik kualitas dari output
(barang dan/atau jasa), kemudian membangdingkan hasil pengukuran itu dengan 18
spesifikasi output yang diingikan pelanggan, serta mengambil tindakan perbaikan
yang tepat apabila dirumuskan perbedaan antara performansi aktual dan standar.
Pengendalian Proses secara Statistik (Statistical process control = SPC) kerap kali
disebut juga sebagai Control Chart (Peta kendali). Peta Kendali pertama kali
ditemukan oleh Dr. Walter Shewhart, yang kemudian secara cepat digunakan
sebagai jembatan antara kondisi akademis di laboratorium menuju kepada dunia
produksi sesungguhnya. Namun, setelah perang dunia ke-2, kemanfaatan Peta
Kendali menjadi pudar. Hal ini dikarena jika terjadi kondisi yang diluar kendali,
tidak ada usaha untuk menjawab atau memperbaikinya. Karena itu Peta Kendali
menjadi menghilang, karena hal itu telah menyalahi tujuan utama dari Control
Chart yaitu: Menjaga proses tetap terkendali. Sedangkan seharusnya apabila
adanya variasi harus diinvestigasi, dan apabila variasi tersebut telah diketahui
maka variasi tersebut harus diusahaka untuk dihilangkan, misalnya menggunakan
design of experiment.
Pada era 70-an, Jepang berusaha untuk masuk ke pasar dunia dengan membawa
kualitas tinggi. Ternyata setelah diinvestigasi, ditemukan bahwa pencapaian dan
pengendalian kualitas harus didasari oleh penggunaan SPC. Pada era selanjutnya
Jepang menggunakan DOE (Design Of Experiment) untuk meningkatkan dan
menjaga kualitas hasil produksinya. Namun, segala usaha lanjutan yang
dijalankan tersebut, semua tetap mendasarkan diri kepada penguasaan dan
penerapan SPC, yang dijalankan mulai dari tingkat pekerja hingga ke analisa dan
program perbaikannya.
Metode-metode statistikal modern dapat membantu dalam kebanyakan aspek
pengmpulan data dan aplikasi, apakah itu untuk memperoleh pemahaman yang
lebih baik tentang kebutuhan pelanggan, pengendalain dalan proses, studi
kapabilitas, peramalan atau pengukuran guna membantu dalam pembuatan
keputusan.
Peta Kontrol
Teori Control Chart mendasarkan diri kepada teorema batas tengah dalam statistik. Pernyataan ini menunjukkan bahwa ketika subgroup atau sampel diambil
dari satu rangkaian proses dan kemudian dilakukan perhitungan rata-rata atas data
subgroup tersebut, maka rerata-rerata tersebut akan membentuk distribusi normal.
(walau kadang dijumpai pula adanya distribusi yang tidak normal). Karena itu
area di bawah kurva dalam batas 3 standard deviasi pada 2 sisinya adalah 99.73%
dari seluruh area di bawah kurva normal tersebut. Satu deskripsi yang biasa
dipakai adalah area X-bar +/- 3σ dari distribusi normal adalah 99.73%, dimana X-
bar adalah rerata dan σadalah simbol untuk standard deviasi – suatu ukuran akan
simpangan. Artinya jika ada rerata subgrup di luar batas kendali, memilki
probabilitas 1- 99,73%, atau 0.27% yang ditujukan kepada probabilitas adanya
kesalah yang random. Namun taraf kepercayaan 99,73% disebabkan karena
terkendalinya proses secara sengaja atau non-random. Maka adanya rerata
subgroup diluar batas kendali harus diinvestigasi lebih lanjut.
Tahap-tahap untuk membuat Control Chart:
Dalam contoh ini, data yang digunakan adalah data variable, misal data
pengukuran skala, seperti dimensi, bobot, suhu, voltase, kecepatan, dll.
1. Pilih parameter (atau lebih dari 1 parameter) produk yang penting dari
proses yang akan dikendalikan
2. Ambil sample secara periodik (hendaknya paling sedikit 25 kali sampling
dari keseluruhan waktu proses, missal proses = 5 jam atau 300 menit,
maka sampling dapat dilakukan tiap 12 menit), dan untuk masing-masing
sub-group diambil 4 atau 5 unit sample
3. Hitung rata-rata dari masing-masing sub-group, X-bar dan rentangnya, R
4. Hitung rata-rata total, X-double bar, rata-rata dari rata-rata dari total sub-
group, dan juga hitung rata-rata rentang, dari semua data rentang dari
semua sub-group
5. Hitung batas atas peta kendali(upper control limit), UCL-X-bar, dan batas
bawah peta kendal (lowe control limit), LCL-X-bar untuk peta X-bar:
UCL-X-bar = X-double bar + A2 R 20
LCL-X-bar = X-double bar - A2 R, A2
Diambil dari tabel, dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah sample tiap sub-
group.
1. Hitung batas atas peta kendali rentang (upper control limit), UCL-R, dan
batas bawah peta kendali rentang (lower control limit), LCL-R untuk peta
R:
UCL-R = D4 R-bar
LCL-R = D3 R-bar, D3 dan D4
Diambil dari tabel, dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah sample tiap sub-
group.
1. Plot-kan data X-bar dan rentang ke dalam Peta kendali X-bar dan peta
kendali R. Jika semua data masih berada dalam rentang UCL dan LCL,
maka proses akan disebut sebagai stabil atau terkendali secara sistematik
2. Jika satu atau lebih data X-bar dan R berada di luar rentang UCL dan
LCL, maka hendaknya dilakukan investigasi dan perbaikan dengan
metoda problem-solving
Grafik Pengendalian Kualitas Statistik ( Control Chart )
Grafik pengendali kualitas statistik adalah suatu yang menyajikan secara grafik
keadaan produksi secara kronologis dengan batas-batas yang menggambarkan
kemampuan produksi waktu yang lalu. Teori umum grafik pengendali ini pertama
kali diperkenalkan oleh Dr. Walter Andrew Shewhart dan Bell telephone
Laboratories Amerika Serikat pada tahun 1942. Dan grafik pengendali yang
dikembangkan menurut asas-asas ini kerap kali dinamakan grafik pengendali
Shewhart.
Grafik ini untuk mengetahui apakah sampel hasil observasi berada didaerah yang
diterima (Accepted Area) atau daerah yang ditolak (Rejected Area). Sebuah grafik
pengendali memiliki sebuah garis tengah dan batas-batas pengendali baik atas
maupun bawah. Garis tengah merupakan nilai rata-rata karakteristik kualitas yang
berkaitan dengan keadaan terkontrol (yakni, hanya sebab-sebab tak terduga yang
ada). Batas pengendali atas dan batas pengendali bawah dipilih sedemikian hingga 21
apabila proses terkendali, hampir semua titik-titik sampel akan jatuh diantara
kedua batas itu. Jika titik-titik terletak didalam batas-batas pengendali, proses
dianggap dalam keadaan terkendali. Ini berarti proses berlangsung dibawah
penyebab wajar sebagaimana diharapkan atau berjalan karena penyebab sistem
tetap yang sifatnya probabilistik dan tidak perlu tindakan apapun, tetapi satu titik
yang terletak diluar batas pengendali diinterpretasikan sebagai fakta bahwa proses
tak terkendali, dan diperlukan tindakan penyelidikan dan perbaikan untuk
mendapatkan dan menyingkirkan hal-hal yang menyebabkan tingkah laku itu
Grafik pengendali juga dapat digunakan sebagai alat pengendalian manajemen
guna mencapai tujuan tertentu berkenaan dengan kualitas proses.
Gambar 2.3. Grafik Pengendali Kualitas Statistik ( Control Chart )
Kegunaan grafik pengendali adalah untuk membatasi toleransi penyimpangan (
variasi ) yang asih dapat diterima, baik karena akibat kelemahan tenaga kerja,
mesin, bahan baku dan sebagainya. Untuk menyusun grafik pengendali proses
statistik diperlukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Menentukan sasaran yang akan dicapai.
2. Menentukan banyaknya sampel dan banyaknya observasi.
3. Mengumpulkan data
4. Menentukan garis tengah dan batas-batas pengendali.
5. Merevisi garis tengah dan batas-batas pengendali.
Grafik pengendali atau diagram kontrol digunakan untuk:
1. Menentukan apakah suatu proses berada dalam pengendalian statistik.
Dengan demikian diagram kontrol digunakan untuk mencapai suatu
keadaan terkendali secara statistik.
2. Memantau proses terus menerus sepanjang waktu agar proses tetap
stabil secara statistik dan hanya mengandung variasi penyebab umum.
3. Menentukan kemampuan proses ( procces capability ). Batas-batas dari
variasi proses ditentukan setelah proses berada dalam pengendalian
Statistik.
Setiap diagram Kontrol terdiri dari:
1 Garis tengah (cental limit) yang dinotasikan sebagai CL.
2 Sepasang batas kontrol (control limit) yaitu:
o Batas kontrol atas ( upper control limit), dinotasikan sebagai UCL.
o Batas kontrol bawah (lower control limit), dinotasikan sebagai LCL.
3 Tebaran nilai-nilai karakteristik kualitas yang menggambarkan keadaan
proses. Jika semua nilai berada di dalam batas kontrol, maka proses dalam
keadaan terkontrol atau terkendali secara statistik. Sedangkan jika ada
nilai yang berada di luar batas kontrol, maka proses dianggap tidak
terkontrol atau tidak berada dalam pengendalian statistik.
Macam-macam Diagram Kontrol:
1. Diagram Kontrol untuk Data variabel
a) Diagram Kontrol dan R
Digunakan untuk memantau proses yang mempunyai karakteristik
berdimensi kontinyu, sehingga disebut sebagai diagram kontrol untuk
data variabel. Diagram kontrol X menjelaskan tentang perubahan yang
terjadi dalam ukuran titik pusat atau rata-rata dari proses. Sedangkan
diagram kontrol R (range) menjelaskan perubahan yang terjadi dalam
ukuran variasi atau perubahan homogenitas produk yang dihasilkan
suatu proses.
Diagram Kontrol
Misalkan karakteristik kualitas berdistribusi normal dengan mean µ
dan deviasi standar σ , dengan µ dan σ keduanya diketahui. Jika X1,
X2, X3,.....Xn sampel berukuran n, maka rata-rata sampel ini adalah: 23
Dalam praktek biasanya µ dan σ tidak diketahui. Misalkan tersedia m
sampel, masing-masing memuat n observasi pada karakteristik kualitas
itu. Misalkan 1, 2, 3,.....,m adalah rata-rata tiap sampel, maka
penaksir terbaik untuk rata-rata proses µ adalah mean keseluruhan
yaitu:
Misal tersedia m sampel dan hanya terdiri dari satu observasi, maka
penaksir terbaik untuk rata-rata proses µ adalah:
Sehingga diperoleh rumus untuk batas atas dan batas bawah Diagram
Kontrol X:
Keterangan :
A2 = Nilai konstan A2 untuk diagram kontrol X (lihat dalam tabel) .
R = Rata-rata rentang sampel.
Diagram Kontrol R
Misalkan R1, R2, R3,.....,Rm adalah rentang m sampel itu. Maka rentang
rata-ratanya adalah:
Sehingga rumus diagram kontrol R sebagai berikut:
Keterangan:
R = Rata-rata rentang
D4 = Nilai konstan 4 D untuk diagram kontrol R
D3 = Nilai konstan D3 untuk diagram kontrol R
m = Banyaknya sampel
( Montgomery, 1990 :206-210 ).
b) Diagram Kontrol Individual dan MR
Digunakan untuk pengendalian proses yang ukuran contohnya hanya
satu (n=1). Hal ini sering terjadi apabila pemeriksaan dilakukan secara
otomatis dan pada tingkat produksi yang sangat lambat, sehingga sukar
untuk mengambil ukuran contoh yang lebih besar dari satu(n>1). Kasus
ini banyak dijumpaipada industri kimia, pengujian daya tahan mobil
mewah, dimana biaya pengukurannya sangat mahal. Diagram control
dan MR (moving range) diterapkan pada proses yang menghasilkan
produk yang relatif homogen (misal cairan kimia), kandungan mineral
dari air atau makanan, kasus-kasus dimana inspeksi 100% digunakan.
Prosedur pengendaliannya menggunakan rentang bergerak dua observasi
yang berturutan guna menaksir variabilitas proses.
Diagram Kontrol X
25
Keterangan:
= Rata-rata X1, X2, ….Xn.
2,66 = Nilai konstan.
MR = Rata-rata rentang bergerak dua observasi.
Diagram kontrol MR
Keterangan:
MR = Rata-rata rentang bergerak dua observasi .
D4 = Nilai konstan D3 untuk diagram kontrol MR.
D3 = Nilai konstan D3 untuk diagram kontrol MR.
( Montgomery;1990 : 239-240).
c) Diagram Kontrol untuk Data Atribut
Diagaram kontrol P
Bagian tak sesuai didefinisikan sebagai perbandingan banyak produk
yang tidak sesuai dalam suatu populasi dengan banyak produk
keseluruhan dalam populasi itu. Produk-produk itu mungkin
mempunyai krakteristik kualitas yang diperiksa bersama-sama oleh
pemeriksa. Apabila produk tidak sesuai dengan standar dalam satu
atau beberapa karakteristik ini, maka produk itu diklasifikasikan
sebagai produk tak sesuai.
Asas-asas statistik yang melandasi grafik pengendali untuk bagian
tak sesuai didasarkan atas distribusi binomial. Misalkan proses
produksi bekerja dalam keadaan stabil, sehingga probabilitas bahwa
suatu unit akan tidak sesuai dengan spesifikasi adalah p, dan unit 26
yang diproduksi berurutan adalah independen. Maka tiap unit yang
diproduksi merupakan realisasi suatu variabel random Bernoulli
dengan parameter p. Apabila sampel random dengan n unit produk
dipilih dan D adalah banyak unit produk yang tak sesuai maka D
berdistribusi binomial dengan parameter n dan p, yakni:
Bagian tak sesuai sampel didefinisikan sebagai perbandingan banyak
unit tak sesuai dalam sampel D dengan ukuran sampel n yakni:
Distribusi variabel random pˆ dapat diperoleh dari distribusi
binomial. Selanjutnya, mean dan variansi p ˆ masing-masing adalah
p = µ dan
(Montgomery, 1990: 143)
Jika w suatu statistik yang mengukur suatu karakteristik kualitas,
dan jika mean w adalah µw dan variansi w adalah , maka model
umum grafik pengendali Shewhart adalah sebagai berikut:
Garis tengah =
dengan k adalah jarak batas pengendali dari garis tengah, dalam
kelipatan deviasi standar w. Biasanya dipilih k = 3.
Andaikan bahwa bagian tak sesuai yang sebenarnya p dalam proses
produksi itu diketahui, maka garis tengah dan batas pengendali
grafik pengendali bagian tak sesuai adalah
Garis tengah = 27
Apabila bagian tak sesuai proses itu p tidak diketahui, maka p itu
harus ditaksir dari data observasi. Prosedur yang biasa adalah
memilih m sampel pendahuluan, masing-masing berukuran n.
Sebagai aturan uumum, m haruslah 20 atau 25. maka jika ada Di unit
tak sesuai dalam sampel i, kita hitung bagian tak sesuai dalam
sampel ke-i itu sebagi berikut:
i = 1,2,….m
Dan rata-rata tak sesuai sampel-sampel ini adalah
Statistik p menaksir bagian tak sesuai p yang tidak diketahui. Garis
tengah dan batas pengendali grafik pengendali untuk bagian tak
sesuai dihitung sebagai berikut:
Dalam beberapa penerapan grafik pengendali bagian tak sesuai
sampelnya 100% pemeriksaan hasil proses selama periode waktu
tertentu.
Karena dalam tiap periode dapat diproduksi banyak unit yang
berbeda, maka grafik pengendali itu akan mempunyai ukuran sampel
yang berbeda-beda. Ada bebrapa pendekatan dalam pembentukan
dan pengoperasian grafik pengendali dengan ukuran sampel berbeda-
beda.
28
Pendekatan pertama, dan mungkin yang paling sederhana adalah
menentukan batas pengendali untuk tiap-tiap sampel yang didasarkan
atas ukuran sampel tertentu Yakni, jika sampel ke-i berukuran ni,
maka batas atas dan batas bawahnya adalah Pendekatan kedua
adalah berdasarkan grafik pengendali pada
ukuran sampel rata-rata, yang menghasilkan himpunan batas
pengendali (Montgomery, 1990: 160).
Digunakan untuk mengukur proporsi ketidaksesuaian (cacat) dari
item-item dalam kelompok yang sedang diinspeksi. Dengan
demikian diagram kontrol P digunakan untuk mengendalikan
proporsi dari item-item yang tidak memenuhi syarat spesifikasi
kualitas atau proporsi dari produk yang cacat yang dihasilkan dalam
suatu proses. Misalkan proporsi item-item produk berukurann adalah
P1, P2,....., Pn maka rata-rata proporsinya adalah:
Sehingga diperoleh rumus untuk batas atas dan batas bawah diagram
kontrol P:
Dengan Sp = ( Montgomery,1990: 235-239 ).
Pendekatan pertama, dan mungkin yang paling sederhana adalah menentukan
batas pengendali untuk tiap-tiap sampel yang didasarkan atas ukuran sampel
tertentu. Yakni, jika sampel ke-i berukuran ni, maka batas atas
dan batas bawahnya adalah . Pendekatan kedua dalah berdasarkan grafik
pengendali pada ukuran sampel rata-rata, yang menghasilkan himpunan batas
pengendali (Montgomery, 1990: 160). 29
2.2.2. Diagram Pareto
Diagram pareto adalah grafik batang yang menunjukan masalah berdasarkan
urutan banyak kejadian. Masalah yang paling banayk terjadi ditunjukan oleh
grafik batang pertama yang tertinggi serta ditempatkan pada sisi paling kiri, dan
seterusnya sampai masalah yang paling sedikit terjadi ditunjukan oleh grafik
batang yang terendah serta ditempatkan pada sisi paling kanan. Pada dasarnya
diagram pareto dapat digunakan sebagai alat interprtasi untuk:
Menentukan frekuensi relative dan urutan yang paling pentingnyaasalah-
masalah atau penyebab-pnyebab dari masalah yang ada.
Memfokuskan perhatian pada isu-isu kritis dan penting melalui pembatan
ranking trhadap maslah-maslah atau penyebab-penebab dari masalah itu
dalam bentuk yang signifkan.
Pengunaan diagram pareto biasanya dikombinasikan dengan penggunaan Lembar
Periksa (Check Sheet). Karena itu, sebelum membangun atau membuat diagram
pareto perlu diketahui terlebih dahulu penggunaa lembar periksa.
Langkah-langkah membuat diagram pareto:
Penjelasan proses pembuatan diagram pareto akan dikemukakan melalui beberap
langkah berikut:
Langkah 1
Menentukan masalah apa yang akan diteliti, mengidentifiaksikan kategori-
kategori atau penyebab-penyebab dari masalh yang akan diperbandingkan.
Setelah itu merencanakan dan melaksanakan pengumpulan data.
1. Menetukan asalah apa yang akan diteliti.
2. Menetukan data apa yang diperlukan dan bagaimana mengklasifikasikan
atau mengkategorikan data itu.
3. Menetukan metode dan periode pengumpulan data.
Langkah 2 30
Membuat suatu ringkasan daftar atau tabel yang mencatat frekuensi kejadian dari
masalah yang telah diteliti dengan menggunakan formulir pngumpulan data atau
lembar periksa.
Langkah 3
Membuat daftar masalah secara berurutan berdasarkan frekuensi kejadian dari
yang tertinggi sampai terendah, serta hitunglah fekunsi kumulatif, pesentase dari
total kejadian, dan persentase dari total kejaian secara kumulatif.
Langkah 4
Menggambarkan dua buah garis vertical dan sebah garis horizontal.
Garis Vertikal
Garis veritkal sebelah kiri: buatkan pada garis ini, skala dari nol sampai
total keseluruhan dari kerusakan (dalam kasus di atas, skala adalah 0
sampai 62)
Garis vertikal sebelah kanan: buatkan pada garis ini, skala 0% sampai
100%
Garis Horizontal
Bagilah garis ini ke dalam banyaknya interval sesuai dengan banyaknya
item masalah yang diklasifikasikan.
Langkah 5
Buatlah histogram pada diagam pareto.
Langkah 6
Gambarkan kurva kumulatif serta cantumkan niai-nilai kumulatif (total kumulatif
atau persen kumulatif) di sebelah kanan dari interval item masalah.
Langkah 7
Memutuskan untuk mengambil tindakan perbaikan atsa penyebab utama dari
masalah yang sedang terjadi itu. Untuk mengetahui akar penyebab dari suatu
masalah, kita dapat menggunakan diagram sebab-akibat atau bertanya mengapa
beberapa ali (konsep five whys).
31
Beberapa catatan tentang diagram pareto:
Seperti telah disinggung di bagian depan diagram pareto adalah metode untuk
mengidentifikasi hal-hal atau kejadian-kejadian penting. Karena itu, pada
dasarnya diagram pareto terdiri dari dua jenis, yaitu:
1. Diagram Pareto Mengenai Fenomena. Diagram ini berkaitan dengan hasil-
hasil yang tidak diinginkan dan digunakan untuk mengetahui apa masalah
utama yang ada.
Contoh fenomena, anatar lain:
a. Kualitas: kerusakan, kerugian, keluhan, item-item yang dikembalikan,
perbaikan (reparasi), dll.
b. Biaya: jumlah kerugian, ongkos pngeluaran, dll.
c. Penyerahan: penundaaan penyerahan, keterlambatan pembayaran,
kekurangan stok, dll.
d. Keamanan: kecelakaan, kesalahan, gangguan, dll.
2. Diagram Pareto Mengenai Penyebab. Diagram ini berkaitan dengan
penyebab dalam proses dan dipergunakan untuk mengetahui apa penyebab
utama dari masalah yang ada.
Contoh penyebab, antara lain:
a. Operator: umur, pengalaman, keterampilan, sifat individu, pergantian
kerja, dll.
b. Mesin: peralatan, mesin, instrument, dll.
c. Bahan baku: pembuatan bahan baku, macam bahan baku, pabrik bahan
baku, dll.
d. Metode Operasi: kondisi operasi, metode kerja, sistem pengaturan, dll.
2.2.3. Diagram Sebab-Akibat (Cause-And- Effect Diagram)
Diagram sebab-akibat adalah suatu diagram yang menunjukan hubungan antara
sebab dan akibat. Berkaitan dengan pengendalian proses statistiakal, diagram
sebab-akibat dipergunakan utnuk menujukan faktor-faktor penyebab (sebab) dan
karekteristik kualitas (akibat) yang disebabakabkan oleh faktor-faktor penyebab
itu. Diagram sebab-akibat ini sering juga disebut sebagai diagram tulang ikan
(fishbone diagram) karena bentuknya seperti kerangka tulang ikan, atau diagram 32
Ishikawa (Ishikawa’s diagram) karena pertama kali diperkenalkan oleh Prof.
Kaoru Ishikawa dari Universitas Tokyo pada tahun 195.
Pada dasarnya diagram sebab-skibat dapat dipergunakan untuk kebutuhan-
kebutuahn berikut:
Membantu mengidentifikasikan akar penyebab dari suat masalah.
Membantu membangkitkan ide-ide utnuk solusi suatu maslah.
Membantu dalam penyelidikan atau pencarian fakta lebih lanjut.
Langkah-langkah membuat diagram sebab-akibat:
Langkah-langkah dalam membantu pembuatan diagram sebab-akibat dapat
dikemukankan sebagai berikut:
1. Mulai dengan pernyataan maslah-masalah tama yang penting dan mendesak
untuk diselesaikan.
2. Tuliskan pernyataan masalah itu pada “kepala ikan”, yang merupakan akibat
(effect). Tuliskan pada sisi sebelah kanan dari kertas (kepala ikan), kemudian
gambarkan “tulang ikan” dari kiri ke kanan dan tempatkan penyataan
masalah itu dalam kotak.
3. Tuliskan faktor-faktor penyebab utama (sebab-sebab) yang mempengaruhi
maslah kualitas sebagai “tulang besar”, juga ditempatkan dalam kotak.
Faktor-faktor penyebab atau kategori utama dapat dikembangkan melalui
stratifikasi ke dalam pengelompokandari faktor-faktor: manusia, mesin,
peralatan, material, metode kerja, lingkungan kerja, pengukuran, dll, serta
stratifikasi melalui langkah-langkahaktual dalam proses. Faktor-faktor
penyebab dapat dikembangkan melalui brainstorming.
4. Tuliskan penyebab-penyebab sekunder yang mempengaruhi penyebab-
penyebab utama, serta penyebab sekunder itu dinyatakan sebagai “tulang-
tulang berukuran kecil”.
5. Tuliskan penyebab tersier yang mempengaruhi penyebab sekunder, serta
penyebab tersier itu dinyatakan sebagai “tulang-tulang berukuran kecil”. 33
6. Tentukan item-item yang penting dari setiap faktor dan tandailah faktor-
faktor penting tertentu yang kelihatannya memiliki pengaruh nyata terhadap
karakteristik kualitas.
7. Catatan informasi yang perlu di dalam diagram sebab-akibat itu, seperti:
judul, nama produk, proses, kelompok, daftar partisipan, tanggal, dll.
2.3. Database
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basis data, adalah
kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga
dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh
informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk
mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen
basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari
dalam ilmu informasi.
Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya
semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai
basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada
sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan
data yang berhubungan dengan bisnis.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan
dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis
fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema
menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara
obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan
struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model
yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah
layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling
berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang
sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan
antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang 34
lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih
eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.
Struktur database
Integrasi logis file dapat dicapai secara Eksplisit atau secara Implicit.
Hubungan Eksplisit
inverted index dan link field menetapkan hubungan eksplisit antara data
yang terintefrasi secara logis dalam file yang sama. Suatu pendekatan
untuk menetapkan hubungan eksplisit antara catatan dari beberapa file
adalah dengan menyusun catatan-catatan tersebut dalam suatu hirarki. Ini
disebut struktur hirarkis. Dalam struktur seperti ini, setiap catatan pada
satu tingkat dapat dihubungkan ke berbagai catatan yang setingkat lebih
rendah. Catatan yang memiliki anak disebut parent dan anak catatan itu
disebut children.
Hubungan Implicit
Pada awal 1970-an Edgar f. Codd dan C.J. Date, keduanya dari IBM tetapi
bekerja secara terpisah, mengembangkan statu pendekatan untuk
menetapkan hubungan antar catatan yang tidak harus dinyatakan secara
eksplisit. Link field khusus tidak perlu disertakan dalam catatan.
Pendekatan Codd dan Date dinamai struktur relasional, dan menggunakan
hubungan implicit, yaitu hubungan yang dapat dinyatakan secara tidak
langsung dari catatan data yang telah ada. Keuntungan utama dari struktur
relasional bagi CBIS adalah fleksibelitas yang ditawarkanya dalam
rancangan dan penggunaan database. Pemakai dan spesialis informasi
dibebeskan dari keharusan mengidentifigasi semua informasi yang
diperlukan sebelum menciptakan database.
Tipe-tipe DataBase
a. Operational DataBase
DB menyimpan data detail yang dibutuhkan untuk mendukung operasi
dari entire organization. 35
b. Analytical DataBase
Menyimpan data dan information extrated dari operational yang diseleksi
dan external DB. Meliputi data dan informasi yang banyak dibutuhkan
oleh manajer organisasi dan end user.
c. Data WareHouse
Merupakan pusat data sentral yang ditampilkan dan diintegrasikan
sehingga dapat digunakan oleh manajer dan user professional untuk
macam-macam analisis bisnis, penelitian pasar dan decision support.
d. Distributed DataBase
e. End User DataBase
Data Base terdiri dari variasi data yang dikembangkan oleh end user pada
workstation.
f. HyperMedia DataBase
g. External DataBase
Di dalam suatu organisasi yang besar, sistem database merupakan bagian penting
pada sistem informasi, karena di perlukan untuk mengelola sumber informasi
pada organisasi tersebut. Untuk mengelola sumber informasi tersebut yang
pertama kali di lakukan adalah merancang suatu sistem database agar informasi
yang ada pada organisasi tersebut dapat digunakan secara maksimal.
Tujuan Perancangan Database
Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari pengguna dan aplikasi
Menyediakan struktur informasi yang natural dan mudah di mengerti
oleh pengguna
Mendukung kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek kinerja dari
suatu sistem database
Berikut ini siklus kehidupan sistem informasi di mana terdapat siklus kehidupan
sistem database. Siklus Kehidupan Sistem Informasi (Macro Life Cycle ). 36
Tahapan–tahapan yang ada pada siklus kehidupan sistem informasi yaitu:
1. Analisa Kelayakan
Tahapan ini memfokuskan pada penganalisaan areal aplikasi yang
unggul , mengidentifikasi pengumpulan informasi dan penyebarannya,
mempelajari keuntungan dan kerugian , penentuan kompleksitas data
dan proses, dan menentukan prioritas aplikasi yang akan digunakan.
2. Analisa dan Pengumpulan Kebutuhan Pengguna
Kebutuhan–kebutuhan yang detail dikumpulkan dengan berinteraksi
pada sekelompok pemakai atau pemakai individu. Mengidentifikasikan
masalah yang ada dan kebutuhan-butuhan, ketergantungan antar
aplikasi, komunikasi dan prosedur laporan.
3. Perancangan
Perancangan terbagi menjadi dua yaitu: perancangan sistem database
dan sistem aplikasi
4. Implementasi
Mengimplementasikan sistem informasi dengan database yang ada
5. Pengujian dan Validasi
Pengujian dan validasi sistem database dengan kriteria kinerja yang
diinginkan oleh pengguna.
6. Pengoperasian dan Perawatan
Pengoperasian sistem setelah di validasi disertai dengan pengawasan
dan perawatan sistem.
Siklus Kehidupan Aplikasi Database ( Micro Life Cycle )
Tahapan yang ada pada siklus kehidupan aplikasi database yaitu:
1. Pendefinisian Sistem
Pendefinisian ruang lingkup dari sistem database, pengguna dan
aplikasinya.
2. Perancangan Database
Perancangan database secara logika dan fisik pada suatu sistem
database sesuai dengan sistem manajemen database yang diinginkan.
3. Implementasi Database 37
Pendefinisian database secara konseptual, eksternal dan internal,
pembuatan file–file database yang kosong serta implementasi aplikasi
software.
4. Pengambilan dan Konversi Data
Database ditempatkan dengan baik, sehingga jika ingin memanggil
data secara langsung ataupun merubah file–file yang ada dapat di
tempatkan kembali sesuai dengan format sistem databasenya.
5. Konversi Aplikasi
Software-software aplikasi dari sistem database sebelumnya di
konversikan ke dalam sistem database yang baru.
6. Pengujian dan Validasi
Sistem yang baru telah di test dan di uji kinerjanya.
7. Pengoperasian
Pengoperasian database sistem dan aplikasinya.
8. Pengawasan dan Pemeliharaan
Pengawasan dan pemeliharaan sistem database dan aplikasi software.
Proses Perancangan Database
Ada 6 tahap untuk proses perancangan suatu database:
1. Pengumpulan data dan analisis.
2. Perancangan database secara konseptual.
3. Pemilihan sistem manajemen database.
4. Perancangan database secara logika.
5. Perancangan database secara fisik.
6. Implementasi sistem database.
Komentar
Posting Komentar